Sabtu, 29 Juni 2013

mengUPGRADE daleman karburator BYSON

Sekarang CYCi  mencoba mengUPGRADE daleman karburator BYSON bermodal tidak lebih dari 50 RIBUan dengan hasil MAKYOS.. tapi alangkah baiknya kita mengetahui fungsi Pilot & Main Jet.. Cekidoott.
Kiri Karburator BYSON Baru 2011 ke atas

FUNGSI PILOT JET DAN MAIN JET

Di dalam karburator, selain ada pelampung dan jarumnya
, juga terdapat part yang namanya pilot dan main jet.Secara fungsi, baik main jet maupun pilot jet merupakan part jeroan yang dipakai untuk mendukung tugas utama dari karbu,

Ilustrasi. Kiri Pilot Jet Kanan Main Jet
PILOT JET
Saat mesin mulai distarter dan hidup, suplai bahan bakarnya dialirkan melalui pilot jet. “Sampai putaran mesin menengah, pasokan bahan bakar masih mengandalkan part itu. Boleh dibilang juga, bahwa onderdil ini membantu motor untuk berakselerasi pada putaran mesin bawah sampai menengah,”
Makanya, tak jarang untuk mendapatkan besutan yang galak di putaran mesin bawah, ukuran pilot jet diseting ulang. Tapi bagaimana menentukan bahwa ukuran pilot jetnya sudah pas?

“Gampang. Setelah pilot jet bawaan motor diganti ukurannya dan motor digeber, coba lihat sisa pembakaran di ujung busi. Bila berwarna putih, tandanya suplai bahan bakar terlalu miskin,”


Itu kalau ukurannya kekecilan, nah bila terlalu besar maka akan terlihat saat grip gas dipelintir spontan. Di sini mesin motor tak bisa langsung meraung di putaran rendah sesaat setelah grip gas dibuka.

Namun setelah putaran mesinnya mulai sesuai dengan suplai bahan bakar, maka mesin akan normal kembali. “Itu terjadi karena pada rpm rendah, suplai bahan bakar terlalu banyak,” 




MAIN JET
Juga dipakai sebagai part pendukung karbu untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar. Walau fungsinya sama, namun main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin sudah ada di tengah sampai atas.

Saat mengaplikasi knalpot aftermarket untuk mendongkrak stamina, biasanya mekanik menyarankan untuk ganti ukuran main jet. “Tentu itu untuk bisa mendapat suplai bahan bakar yang pas, saat rpm mulai main di putaran mesin tengah sampai atas,...

Nah untuk mendapatkan ukuran yang pas, perlu perhatikan tanda-tandanya. Bila kelar ganti main jet dan saat motor digeber cepat menjerit, maka dipastikan ukuran main jet kekecilan. “Tentu hal itu membuat motor larinya jadi tak bisa maksimal,
Sebaliknya, bila ukuran main jet terlalu besar maka akibatnya mesin akan brebet di putaran atas. Tentu hal tersebut karena suplai bahan bakar yang terlalu berlebih.


bagaimana masih adakah pertanyaan tentang fungsi dari main jet & pilot Jet..??
simplenya seperti ini... Pilot Jet Hubungannya dengan Udara Sedangkan  Main Jet Hubungannya dengan BBM (bahan bakar), PJ & MJ harus seimbang, jika salah satunya miskin pasti didapat hasil yang tidak memuaskan...

Lingkaran sebelah kiri Udara & kanan BBM
Waktunya praktek..
Bahan..
1. Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (+/- Rp.25.000)

2. Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (+/- Rp.20.000)
PJ & MJ yang banyak beredar dipasaran merk Veezumi
Setelah membeli 2 componen tersebut PJ & MJ ya tinggal pasang...

Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (standar 15) , sedangkan Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (standar 112,5). untuk menyesuaikan ubahan di spuyer, hasilnya tenaga naik dari standar, tapi bensin agak sedikit boros.. jangan lupa stel ulang karburator nya setelah part di atas di ganti. 

Tips mensetting Karburator..
Pada gambar diatas ada "lingkaran merah sebelah kiri Udara & kanan BBM" karena setting karburator ya hanya main di 2 daerah tersebut...
INDIKATOR suksesnya kita mensetting karburator bisa dilihat pada bibir busi tempat memercikan api untuk menghasilkan pembakaran..

Contoh..
Baut angin "kiri" kita putar sampai mentok searah jarum jam lalu kita putar 2 1/2 putaran kearah sebaliknya, untuk baut BBM kita sesuaikan (bisa kekanan atau ke kiri) hingga mendapat putaran mesin langsam (+/- 1500 RPm) lalu diamkan sampai suhu mesin ideal (+/- 5 Menit).. betot handle gas sampai mentok berulang2 (5-10 kali), lalu matikan mesin lepas dan lihatlah bibir busi tersebut, jika pada bibir busi hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin berarti asupan udara perlu ditambah atau asupan bensin perlu dikurangi......

-Jika hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin.
-Jika masih terang/kering berarti konsumsi BBM miskin Udara kaya.
-Jika berwarna merah bata merata pada bibir busi berarti BBM dan udara pas (settingan ideal)

INGAT : Kalo top speed seh gak terlalu ngaruh brosis, soalnya kalau top speed banyak faktor juga yg nentuin, tp kl buat akselerasi itu lebih enteng aja,, top speed pernah di coba juga nyampe 110 KPJ, tp buat nyampe 110 kpj itu gak terlalu ngos2an.. motor pake ban & velg lebar.

4 komentar:

Kankkagoeshtblogspot mengatakan...

Terimakasih info dan tipsnya sangat bermanfaat.

irwan mengatakan...

pilot jet & main jet itu bisa disetting gak? krn motor awalnya bagus tapi abis diseting bengkel skg putaran rendah malah sering mati, sdgkan putaran tinggi malah stabil knp ya? thunder 125

Wanita penjelajah mengatakan...

Ukuran pilot jet nya di naikin satu tingkat

Unknown mengatakan...

Motor Byson saya ga normal brebet kaya masuk angin.kenapa ya??